Thursday, October 22, 2009

Aplikasi Portable


Aplikasi Portable

Aplikasi portabel atau portable application adalah sebuah perangkat lunak komputer yang dapat dibawa dalam peralatan portabel (contohnya: USB flash drive) dan dapat digunakan di setiap komputer tanpa perlu melalui proses instalasi terlebih dahulu. Ketika peratalan portable dihubungkan dengan komputer, aplikasi portabel tersebut dapat langsung digunakan.

Kelebihan aplikasi portable :

1.Aplikasi portable dapat bekerja meskipun pemiliknya berpindah komputer
2.Aplikasi portable tidak meninggalkan file dalam PC
3.Aplikasi portable biasanya tidak meninggalkan jejak di registri
4.Aplikasi portable tidak butuh peranti lunak tambahan pada PC
5.Aplikasi portable tidak mempengaruhi aplikasi yang terinstal dalam PC
6.Pada umumnya gratis. Beberapa situs penyedia: portableapps, portablefreeware
7.Sistem keamanan data. Karena data disimpan di peralatan portabel, maka keamanan data tersebut juga diuntungkan karena tidak tersimpan di dalam komputer tertentu

Masih banyak lagi kelebihan dari aplikasi portable. Flash disk tidak hanya sekedar wadah penyimpanan data saja. Bahkan kita bisa menjadikan flashdisk menjadi nootbook. Dengan sebuah flashdisk, kita bisa memasukkan dan menginstall berbagai macam program untuk PC yang berbasis windows. Dengan cara ini, saat tiba – tiba anda membutuhkan program pengolah gambar untuk mengedit foto, kita tidak perlu mencari PC yang siap pakai. Kita cukup memasukkan flashdisk ke PC manapun dan jalankan program pengolah gambar dari flashdisk tanpa harus menginstallnya. Bahkan dalam sebuah flashdisk kita juga bisa menginstall sistem operasi windows (windows xp) dan juga Linux.

No comments:

Post a Comment